Gunung Budeg, Tempat favorit Menunggu Sunrise

Gunung Budeg merupakan sebuah gunung yang penuh dengan cerita dan legenda di daerah Tulungagung. Gunung ini terletak di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung.Gunung Budeg memiliki ketinggian kurang lebih 600 mdpl, dengan 2 puncak Utama yang berbeda. Puncak Cikrak dan puncak Joko Budeg. Akses menuju gunung ini bisa dikatakan mudah dan cepat. Jika anda dari kota, cukup ke arah selatan dan jika mengalami kebingungan dengan letak pasti gunung ini, masyarakat Tulungagung siap membantu. Anda bisa menanyakan letak Gunung Cikrak, karena dikalangan masyarakat Tulungagung gunung ini lebih populer dengan nama gunung Cikrak.


Gunung Budeg memiliki dua jalur pendakian yakni lewat jalur selatan dan Utara. Kedua jalur ini memiliki keunikan masing-masing. Seperti  jalur Utara yang menawarkan goa Tritis, patung jogo budek, dan Puncak gunung Budeg. Jalur utara sudah mulai dilewati semenjak tahun 1979. Wisatawan pada saat itu tidak bertujuan untuk mencapai puncak gunung budek namun bertujuan untuk melakukan wisata sejarah di Goa tritis atau patung Jogo budek. Kedua tempat ini memiliki mitos yang diyakini hinggi sekarang. Meskipun berada pada lahan perhutani, jalur utara dikelola oleh Juri Kunci yang ditugaskan dari dinas Purbakala.

Pada jalur selatan menawarkan puncak gunung budeg. Sebelum mencapai puncak, wisatawan harus melakukan registrasi di pos  pendakian. Pos ini dikelola oleh LMDH Wono Yoso yang dibentuk pada tahun 2006. Jalur selatan memiliki fasilitas, kamar mandi, aula untuk 100 siswa dan tempat yang lapang, sehingga, meskipun jalur ini dibuka baru-baru saja namun sudah mampu menyedot wisatawan lebih banyak daripada jalur Utara.  Selain untuk wisata, juga sering digunakan untuk Diklat osis, PMR, Pramuka dan kegiatan sekolah yang berbasis edukasi. 

Gunung budeg menawarkan melihat matahari tenggelam maupun matahari terbit. Demi untuk melihat matahari terbit banyak pengunjung yang datang pada malam hari, mereka menginap di sini. Bila wisatawan tidak memiliki tenda dan alat penginapan. Pos dijalur selatan menyediakan dengan system sewa. gunung budeg mulai dikenal wisatawan ramai pada tahun 2014. Puncak pengunjung biasanya saat musim penghujan karena saat itu langit sedang indah. Dengan biaya registrasi Rp 5.000 per orang. Biaya ini digunakan untuk pengelolaan, perawatan dan pembaruan sarana prasarana yang ada. 

bagaimana? apa anda tertarik mendaki gunung ini? Selamat bertualang.